KARBURATOR

Perbedaan Primer jet dan Secondary jet

Ada beberapa hal  yang membedakan antara primer jet dan secondary jet (saluran utama dan saluran sekunder) pada karburator. karena dengan setiap saluran memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda.

  1. Diameter Lubang (saluran) Venturi, diameter lubang primer lebih kecil dari pada diameter lubang sekunder.
    lubang venturi pada karburator

    saluran ventri primer dan sekunder

    pada gambar di atas terlihat jelas bahwa primer ventury berada di sebelah kanan yang memiliki diameter lebih kecil. Alasan mengapa dibuat semacam ini karena efisiensi penggunaan bahan bakar. Diameter yang lebih besar akan membuat konsumsi bahan bakar juga akan semakin banyak. Padahal pada saat mesin berjalan lambat sampai sedang bahan bakar yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Jika seandainya diameter Primer Ventury dibuat labih besar maka konsumsi pada saat mesin putaran rendah sampai sedang bahan bakar menjadi boros.

  2. Terdapat katup gas (throttle valve) pada saluran promer, saluran primer pada kerburator terdapat katup gas yang berfungsi untuk mengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar sesuai dengan kehendak pengendara.
    posisi katup gas pada saluran primer

    letak katup gas pada saluran primer

    Perhatikan baik-baik pada kedua saluran primer dan sekunder. Pada gambar terlihat bahwa katup gas berada pada saluran bagian atas, sehingga saluran itu berarti saluran primer.

Perihal jafarsukanulis
seorang pemuda yang berjiwa besar dan kesatria muda yang tangguh akan berbagai aral lintang di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: